Sunday, October 06, 2013

Langkah-langkah membuat Bahan Ajar Interaktif :


  1. SilahkanInstall Macromedia Dreamweaver 8.
  2. Buka Macromedia Dreamweaver 8, maka akan tampil preview IDE (Integrated Development Environment) sebagai berikut :
  • Kemudian pilih menu File Open, silahkan pilih file index. html dari Template Website yang sudah Anda Unduh.
    • Untuk memulai membuat sebuah Bahan Ajar Interaktif, terlebih dahulu kita menggambarkan desain yang akan kita buat. Untuk kesempatan ini, kita akan membuat contoh desain seperti berikut :
Header
Adalah tempat Judul Bahan Ajar Unteraktif yang biasanya dipakai untuk Judul Website, berada diposisi teratas dari webpage, dalam hal ini kita pakai untuk Bahan Ajar Interaktif Offline.
Menu
Menu Adalah Navigator dari Content layout, berisikan link informasi sebuah Bahan Ajar Interaktif. Pada kesempatan ini, layout menu dapat ditambahkan sesuai dengan kebutuhan pemilik seperti : Pokok Bahasan yang terdiri dari Materi Pelajaran Kelas 7, Kelas 8, Kelas 9 dsb.
Content
Adalah tempat utama dari Materi Pelajaran Bahan Ajar Interaktif, berisikan content dari informasi utama yang dapat dinavigasi melalui menu (hyperlink) pada bagian menu. Untuk tahap awal membuat dalam membuat Bahan Ajar ini, kita akan memasukkan link dari Bahan Ajar yang sudah kita unduh dari Pustekkom.
Footer
Footer hampir sama dengan header, namun yang membedakan adalah, posisi footer berada di bawah dari webpage. Dimana pada tutorial ini berisikan copyright pembuat / pemiliknya.

Pengaturan Link Halaman Utama (File Management) Bahan Ajar

Sesuai dengan desain yang telah kita buat, maka menu dari bahan ajar yang akan kita buat adalah sebagai berikut :
index.html dari folder Sistem Operasi
index.html dari folder Perangkat TIK
index.html dari folder Komputer dan Kesehatan
index.html dari folder Software Pengolah Kata
index.html dari folder Software Pengolah Gambar
index.html dari folder Software Pengolah Angka
index.html dari folder Perangkat Jaringan
index.html dari folder Sistem Jaringan
index.html dari folder Topologi Jaringan
index.html dari folder Fungsi Internet
index.html dari folder Akses Internet
index.html dari folder E-mail
index.html dari folder Software Preasentasi
index.html dari folder Software Pengolah Data
Setelah Menu Bahan Ajar selesai kita ketik, maka selanjutnya kita link satu persatu menu tersebut, caranya blok Sistem Operasi pada menu bahan ajar, cari menu Link Page Properties, pilih Link, pilih browse, pilih file index.html dari folder Sistem Operasi. Berikutnya blok Perangkat TIK, pada menu Link pilih browse, pilih fileindex.html pada folder Perangkat TIK dan seterusnya sampai selesai. Akhiri dengan File Save.
Selesai sudah kita mengatur halaman utama Bahan Ajar Interaktif. Silahkan coba Bahan Ajar Interaktif Offline dengan software Macromedia Dreamweaver 8, cari file index.html di folder Bahan Ajar TIK. Selamat Berkarya.. !
Berikut ini saya berikan contoh Bahan Ajar TIK SMP yang telah selesai saya edit, Bahan Ajar berasal dari Pustekkom Depdiknas. Bahan Ajar tersebut sudah saya lengkapi dengan perintah autorun, sehingga bisa dicopy dalam keping CD. Dan Bahan Ajar Interaktif tersebut dapat dieksekusi browser internet offline. Silahkan unduh disini. Semoga bermanfaat 

No comments:

Post a Comment

.............kritik kalian adalah motivasi bagi saya........